Sabtu, 25 September 2010

OPINI TENTANG KLJ (Kamera Lubang Jarum)

KLJ sungguh merupakan suatu hal yang boleh dibilang LUAR BIASA, ini pengalaman yang mugkin tak terlupakan karena untuk pertama kalinya saya membuat kamera buatan sendiri yang pastinya memang dapat dipakai untuk memotret.

Saat pertama kali disuruh untuk membuat kamera KLJ, saya sungguh merasa sangat tertarik. Bagaimana tidak? Saya akan dapat membuat kamera dan sekaligus memamerkannya kepada teman-teman dan keluarga saya.

Saat pertama kali membuat KLJ, tentunya saya bingung tentang apa yang harus saya lakukan. Untungnya dengan bantuan teman dari fakultas lain, kelompok kami dapat menyelesaikan 2 buah KLJ, yang pertama menggunakan media kotak korek api dengan menggunakan roll film, dan yang kedua menggunakan media kaleng rokok dengan menggunakan kertas foto.
Berikut hasil KLJ kelompok kami dengan menggunakan media kotak korek api:

 

 
Mohon maaf karena KLJ dengan media kaleng rokoknya lupa saya foto, hehehe.
Soal kerumitan, KLJ jenis kaleng ini sedikit lebih rumit, karena pada bagian badannya perlu dibor terlebih dahulu. Namun selebihnya hampir menyerupai versi media kotak korek api.



Opini saya tentang kegiatan membuat KLJ ini adalah bahwa kegiatan ini sungguh menarik dan memberikan pengetahuan kepada saya mengenai pembuatan kamera dasar, di mana hanya membutuhkan ruangan kedap cahaya, lubang kecil, dan media penyimpan gambar.

Demikianlah blog saya, jika kalian berminat kalian bisa coba untuk mempraktekkannya sendiri.

1 komentar: